Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Terpesona Patung Naga dan Kereta Kencana di Taman Sahabat Kotabumi Lampung Utara

Patung Naga dan Kereta Kencana Taman Demokrasi

Patung Naga dan Kereta Kencana ini merupakan ikon menarik yang berada di Taman Sahabat atau Taman Demokrasi Kotabumi. Tepatnya di jalan Sudirman, kota Kotabumi, ibukota kabupaten Lampung Utara yang merupakan kabupaten tertua di provinsi Lampung. Dan ini merupakan artikel kelanjutan dari postingan sebelumnya yang menceritakan ketika aku singgah di Tugu Payan Mas dalam rangka touring tipis-tipis dari Kota Metro ke Way Kanan.

Dalam touring kali ini, aku memang tidak menjumpai bentang alam yang menyuguhkan pemandangan-pemandangan yang indah. Tapi itu bukan berarti tidak ada wisata alam di sekitar kabupaten Lampung Utara. Ada cukup banyak sebenarnya. Seperti Abung River Tubing, air terjun Curup Talang, Curup Muara Aman, Curup Menjukut, Curup Waras, Curup Selampung, Air Terjun Sukaemi, Air Terjun Curup Paten dan banyak lagi. Namun lokasi-lokasinya jauh dari jalan raya sehingga aku belum sempat menyinggahinya.

Touring Motor Kotabumi Lampung Utara

Walau nggak dapat pemandangan alam, tapi Alhamdulillah beberapa kali bertemu bangunan keren di sepanjang perjalanan. Mulai dari Monumen Kopiah Emas, Tugu Pengantin, Gapura Selamat Datang Lampung Utara, dan juga Tugu Payan Mas yang kisahnya telah aku tulis di artikel kemarin. Dan belum terlalu lama melanjutkan perjalanan setelah berhenti di tugu Tombak Emas (Payan Mas), aku kembali melihat sebuah bangunan megah di sebelah kanan jalan. Aku pun kembali berhenti untuk singgah di destinasi tersebut.

Di waktu-waktu mendatang belum tentu aku akan lewat tempat ini lagi, jadi mumpung sudah ada di depan mata, wajib aku hampiri buat menikmati ornamen budaya dan arsitektur bangunannya. Juga memotret beberapa bagian untuk kenang-kenangan sekalian untuk bahan artikel blog ZUCKICI.COM ini.

Patung Naga dan Kereta Kencana Kotabumi

Foto Patung Naga dan Kereta Kencana Taman Sahabat

Bangunan tersebut berupa patung naga raksasa berwarna keemasan tengah menarik kereta kencana. Di dalam kereta kencana ada patung seorang Raja yang duduk bersanding dengan Ratunya, lengkap dengan beberapa pengawal bersenjata tombak. Sementara di atap kereta kencana, ada patung burung elang putih tengah mengepakkan sayap. Keren banget!

Bagi aku yang dasarnya hobi traveling, ditambah lagi baru pertama kali menyaksikan patung naga dan kereta kencana tersebut, tentu terlihat bagus banget. Tapi bagi masyarakat sekitar yang sudah setiap hari melihat mungkin sudah biasa saja.

Melihat patung naga ini, aku jadi ingat beberapa tahun lalu juga pernah mengunjungi Patung Sepasang Naga di Klenteng Sanggar Agung yang ada di kawasan pantai ria Kenjeran Park kota Surabaya, Jawa Timur. Tapi yang di sana jauh lebih besar ukuran naganya. Fasilitasnya juga lebih baik dan lengkap, sehingga wajar kalau pengunjungnya ramai setiap hari.

Di provinsi Lampung sendiri, selain patung naga dan kereta kencana di Kotabumi Lampung Utara ini, juga ada patung naga satu lagi di kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba). Namanya Tugu Rato Nago Besanding. Dan sepertinya itu yang lebih dikenal orang luar Lampung. Dilihat dari foto-foto yang ada di internet juga, kelihatannya Tugu Rato Nago Besanding memang lebih bagus daripada Patung Naga dan Kereta Kencana di Kotabumi Lampura ini. Tapi aku sendiri belum pernah ke sana, jadi belum bisa memberikan penilaian secara pribadi.

Ramainya Taman Sahabat Kotabumi Lampura

Selain patung naga dan kereta kencana, di kawasan Taman Sahabat atau Taman Demokrasi ini juga terdapat aneka wahana permainan anak seperti mobil-mobilan, motor mini, ayunan, prosotan, dan lain. Cocok untuk tempat rekreasi keluarga bersama anak-anak atau keponakan. Terdapat warung-warung juga yang menjual berbagai makanan dan minuman. Untuk masuk ke kawasan Taman Sahabat ini tidak dikenakan tiket alias gratis. Cuma bayar parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor.

Di bawah ini video suasana Patung Naga dan Kereta Kencana di taman Sahabat Kotabumi Lampung Utara yang aku publikasikan di YouTube ZUCKICI CHANNEL.


Aku kurang tahu apa makna ataupun filosofi dari simbol Patung Naga dan Kereta Kencana di taman Sahabat Kotabumi, Lampura ini. Aku coba tanya ke pedagang dan tukang parkir di kawasan tersebut, mereka kurang tahu. Kemudian saat menulis artikel ini, aku juga coba mencari informasinya di internet, tapi ada tidak satupun informasi yang aku temukan. Jika teman-teman pembaca ada yang mengetahui arti ataupun makna dari Kereta Kencana dan Patung Naga di Kotabumi ini, boleh sharing di kolom komentar. Karena aku sangat ingin tahu.

Posting Komentar untuk "Terpesona Patung Naga dan Kereta Kencana di Taman Sahabat Kotabumi Lampung Utara"

Berlangganan via Email