Widget HTML #1

Cara Menyimpan Foto dan Video dari Status WhatsApp (WA) Orang Lain Dengan Mudah dan Cepat

Ada cara mudah download status gambar maupun video WA yang dibagikan oleh kontak WhatsApp. Barangkali kamu ingin menyimpannya untuk sekedar dijadikan koleksi, atau ingin dibagikan lagi ke orang lain. Karena di antara sekian banyak teman dan keluarga di kontak WhatsApp, pasti ada saja yang suka membagikan foto dan video lucu di status WA-nya. Nah ketika melihat ada status lucu di WA dan kamu ingin menyimpannya atau membagikannya lagi ke orang lain, tentunya kamu perlu tahu bagaimana cara mengunduh foto atau video status dari sosial media pesan instan tersebut.

Aplikasi WhatsApp sendiri tidak punya fitur untuk membagikan dan menyimpan status orang lain secara langsung. Beda dengan gambar dan video yang diunggah di room chat, yang bisa dengan mudah disimpan bahkan bisa di-save secara otomatis. Jadi jika ada yang membagikan status lucu, yang bisa disimpan hanya yang berupa foto saja. Dan itupun penyimpanannya dengan cara screenshot atau screen capture yang membuat caption dan foto profil dari pemilik status ikut terfoto. Sehingga hasilnya kurang memuaskan.

Cara Menyimpan Status WhatsApp paling mudah dan cepat
Menyimpan Status WhatsApp


Jadi dari pada kamu harus repot-repot screenshot kemudian crop untuk menghilangkan caption dari pemilik stories yang ingin kamu simpan, atau gak enak mau minta dikirimin, lebih baik jika kamu menggunakan cara menyimpan foto dan video status dari WA yang aku bagikan di artikel ini.

Cara Menyimpan Foto atau Video Status WhatsApp


Sebenarnya ada cara yang bisa kamu coba untuk menyimpan semua status WA baik berupa video ataupun foto tanpa perlu download aplikasi tambahan apapun. Tapi untuk mempermudah, aku juga akan membahas tentang cara menyimpan status ke internal HP dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

1. Cara Simpan Status Foto dan Video WA dengan Aplikasi Status Saver

Cara Simpan Status Foto dan Video WA dengan Aplikasi Status Saver
Menyimpan Status WA dengan Aplikasi Status Saver

Pertama-tama, kamu harus mengunduh dulu aplikasi Status Saver ini dari Google Play Store bila menggunakan android dan AppStore bila menggunakan iOS. Kemudian instal di gawai kamu. Jika sudah, buka aplikasi WhatsApp dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Masuk ke bagian halaman Status dan lihat status dari orang yang ingin disimpan
  2. Pastikan kamu menonton statusn WA nya sampai selesai agar file yang disimpan tidak error, khususnya jika statusnya berupa video
  3. Kemudian, keluar dari aplikasi WhatsApp dan masuk ke aplikasi Status Saver
  4. Masuk ke halaman Images bila status yang ingin disimpan berupa foto atau ke halaman Videos bila status yang ingin disimpan berupa video
  5. Nantinya di sana akan terlihat semua status yang sudah kamu lihat selama 24 jam
  6. Pilih status yang ingin disimpan ke galeri, kemudian klik pada ikon Disket di bagian atas kanan tampilan dan di samping ikon Share
  7. Tunggu hingga proses download selesai

Aplikasi Status Saver ini akan langsung menyimpan status yang kamu inginkan di penyimpanan internal. Tepatnya di folder Penyimpanan > Internal > StorySaver.

Selain aplikasi Status Saver di atas, sebenarnya masih cukup banyak aplikasi untuk mendownload status WA lainnya, yang cara penggunaannya tidak jauh berbeda dan sama mudahnya Status Saver Apk. Kamu bisa search sendiri di Google Play dengan kata kunci 'simpan status WhatsApp'. Bakal muncul banyak aplikasi status WA downloader yang bisa kamu pilih. Namun kalau menurut aku, memasang satu aplikasi saja sudah cukup. Eman-eman memori internal jika instal banyak-banyak. Toh semua aplikasi tersebut fungsinya sama.

Atau kalau kamu ingin menghemat memori smartphone, kamu bisa kok mengunduh status foto ataupun video di WhatsApp tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun. Serius! Bagaimana caranya? Simak penjelasannya di cara nomor dua di bawah ini.

2. Cara Menyimpan Video dan Video dari Status WhatsApp Tanpa Aplikasi


Seperti yang dikatakan barusan, sebenarnya ada cara untuk mendownload video maupun foto status WhatsApp langsung tanpa harus menggunakan aplikasi. Tapi cara ini mungkin agak rumit bagi beberapa orang. Jadi silahkan baca langkah-langkah ini dengan teliti agar kamu tidak bingung.

  1. Pertama-tama, lihat foto atau video status yang ingin disimpan sampai selesai
  2. Kemudian, keluar dari aplikasi WhatsApp dan buka aplikasi Berkas (File Manager) atau
  3. Masuk ke Penyimpanan Internal
  4. Lalu, klik Pengaturan dan pilih Tampilkan File Yang Tersembunyi
  5. Masuk ke folder WhatsApp kemudian masuk ke Media
  6. Kemudian masuk ke folder .Statuses, biasanya folder ini warnanya agak transparan
  7. Di folder tersebut, kamu akan melihat semua status yang sudah kamu buka selama 24 jam
  8. Selanjutnya, pilih status yang mau kamu simpan lalu pindahkan ke folder lain misalnya ke folder Video atau Foto
  9. Selesai!

Namun perlu kamu ketahui, semua status yang ada di folder .Statuses hanya akan bertahan selama statusnya masih muncul di aplikasi WA. Jadi jika kamu ingin menggunakan cara menyimpan foto atau video status WhatsApp yang satu ini, pastikan kamu menyimpannya sebelum statusnya hilang. Baik itu hilang sebelum waktunya karena sengaja dihapus oleh pemiliknya, atau hilang secara otomatis karena sudah tampil 24 jam.

Cara Menyimpan Video dan Video dari Status WhatsApp Tanpa Aplikasi
Menyimpan Status WhatsApp Lewat File Manager

Cara kedua ini aku gunakan di HP aku yaitu Xiaomi X4. Kemungkinan untuk ponsel-ponsel merek yang lain, prosedurnya akan sedikit berbeda atau mungkin justru tidak bisa. Di handphone Xiaomi ini, aplikasi File Manager-nya bernama 'Berkas'. Kalau di hape Samsung namanya 'My Files'. Sementara di smartphone merek Vivo, nama aplikasinya 'Pengelola File'. File Manager ini merupakan aplikasi bawaan pabrik.


Demikianlah beberapa cara praktis menyimpan foto atau video dari status WhatsApp orang lain ke penyimpanan internal handphone kamu dengan mudah dan cepat. Nanti ketika kamu buka WA, dan teman-teman di kontak WhatsApp kamu posting status berupa foto unik, video lucu, atau gambar kata-kata bijak yang bikin kamu tertarik, silahkan praktekkan cara ini untuk menyimpan foto dan video dari status WA mereka ke galeri henpon kamu.

Posting Komentar untuk "Cara Menyimpan Foto dan Video dari Status WhatsApp (WA) Orang Lain Dengan Mudah dan Cepat"