Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mudah Mengetahui Akun Instagram yang Unfollow Atau Tidak Follow Back (Folback) Kamu

Pastinya banyak yang ingin tahu bagaimana cara cek orang-orang pengguna IG yang sudah kamu ikuti tapi tidak mau mengikuti balik, atau bisa juga sebelumnya pernah saling mengikuti tapi ternyata dia diam-diam berbuat tidak fair dengan unfollow akun Instagram kamu!

Cara Mudah Mengetahui Akun Instagram yang Unfollow Atau Tidak Follow Back (Folback) Kamu

Bagi beberapa pengguna IG, mengetahui siapa yang diam-diam meng-unfollow dan yang nggak mau saling follow back memang cukup penting. Terutama jika pelaku unfol ini bukan siapa-siapa dan feed-nya juga biasa-biasa saja. Orang-orang nggak penting seperti ini, jika ketahuan berbuat curang dengan berhenti mengikuti, ya udah langsung balas batal ikuti aja! Nggak usah diambil pusing.

Aku sendiri sebenarnya kurang aktif menggunakan jejaring sosial berbagi foto dan video ini, dan juga sangat jarang duluan mengikuti seseorang. Tetapi jika ada yang follow aku, apalagi jika sesama Blogger, aku dengan senang hati akan mengikuti kembali tanpa perlu diminta atau di-DM. Sayangnya justru ada oknum-oknum Blogger sok keren dan sok selebritis, yang ketika sudah difolbek eh malah aku yang diunfol. Tujuannya tentu biar jumlah followers lebih banyak ketimbang following. Padahal followers jutaan juga nggak bakal dibawa mati. Halah.

Kalau orang yang unfol ini mengira aku nggak bakal tahu, itu jelas salah besar! Pasalnya jaman sekarang sudah banyak cara untuk tracking melacak akun-akun yang diam-diam unfollow, atau yang sudah difollow tapi tidak rela followback. Sehingga mereka tinggal diunfol balik dalam sekali klik saja. Dan ini juga bisa kamu praktekan sendiri di rumah, supaya kamu tahu user-user IG yang unfollow kamu, kemudian mendepak mereka dari daftar followings kamu.


Rasa penasaran mengenai siapa saja akun yang follback dan tidak folbek memang sering terjadi dalam dunia perinstagraman. Makanya kamu perlu tahu tips dan cara mengecek orang yang tidak followback untuk menghilangkan rasa penasaran tersebut. Walaupun memang sebenarnya tidak ada aturan khusus yang mewajibkan orang-orang yang kamu follow untuk follback. Nggak ada kewajiban akun-akun yang kamu ikuti untuk mengikuti balik.

Tapi pastinya kamu pernah atau bahkan sering penasaran siapa saja akun-akun yang belum followback atau diam-diam unfollowback kamu. Sebab rasanya kurang etis saja kalau orang-orang terdekat kamu seperti keluarga, teman, sahabat, atau pengguna-pengguna yang sama-sama mengais rezeki dari Instagram, tapi tidak bersedia memfollow balik akun kamu setelah lebih dahulu kamu follow. Kecuali orang yang kamu ikuti tersebut memang selalu menyuguhkan postingan foto dan video yang bagus-bagus, menghibur dan menginspirasi. Kalau seperti itu, biasanya memang tidak masalah jika tidak folbek.

Dan di postingan kali ini aku akan membagikan cara simple untuk melihat siapa saja akun yang tidak follow back tanpa ketahuan pemilik akun tersebut. Bagaimana caranya? Silahkan baca artikel ini sampai habis.

Cara Cek Orang Yang Tidak Followback di Instagram


Dalam tutorial ini setidaknya ada lima cara untuk cek akun Instagram mana saja yang tidak follback ataupun sudah unfollow kamu, dan bisa kamu pilih cara mana yang paling gampang. Ada satu cara manual, dan 4 sisanya menggunakan bantuan aplikasi tambahan. Untuk lebih jelasnya, langsung saja aku jelaskan kelima cara tersebut satu persatu.

1. Cek Secara Manual


Cara pertama dan yang paling gampang walaupun agak lama untuk mengetahui orang yang tidak mau mengikuti kembali atau diam-diam berhenti mengikuti kamu adalah dengan cek secara langsung atau manual. Caranya buka profil atau feed akun IG-mu, kemudian klik bagian Followers atau Pengikut kamu. Setelah itu kamu bisa scroll satu per satu atau gunakan fitur search untuk melihat siapa saja orang terdekat atau temanmu yang sudah follow ke IGmu. Akun-akun yang tidak muncul di bagian Followers artinya belum mengikuti balik akun Instagram kamu.

Cara kesatu ini memang cukup praktis dan mudah apabila jumlah followers kamu masih sedikit. Baru ratusan atau puluhan. Akan tetapi jika sudah memiliki pengikut hingga ribuan bahkan jutaan, tentunya metode sangat repot dan melelahkan sehingga kurang efektif. Tapi tidak perlu kuatir, kamu masih bisa mengetahui orang yang tidak folbek atau sudah unfollow kamu secara mudah menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, yang akan aku jelaskan pada cara yang kedua hingga yang kelima di bawah ini.

2. Gunakan Aplikasi Followers + Unfollowers


Media sosial Instagram memang tidak secara langsung dilengkapi fitur untuk melacak atau mengetahui pengguna yang berhenti mengikuti dan yang tidak mau balas mengikuti. Sehingga untuk melakukan pekerjaan tersebut, mau tidak mau kamu harus memasang aplikasi tambahan di gawai kamu. Salah satunya aplikasi Aplikasi Followers + Unfollowers ini.

Aplikasi Followers + Unfollowers cukup mudah dioperasikan, dan saat ini aku juga menggunakan aplikasi ini untuk mendeteksi user-user IG licik yang setelah aku followback, eh tahu-tahu kemudian malah aku yang di-unfollow. Cara menggunakan Followers + Unfollowers Apk sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Unduh Aplikasi Followers + Unfollowers di Google Play, kemudian instal di smartphone kamu.
  • Buka aplikasinya. Masukkan nama pengguna kamu di Instagram, atau bisa juga nomor handphone ataupun email yang kamu daftarkan di akun tersebut. Masukkan juga password akun IG kamu. Setelah itu klik Login.
  • Tunggu beberapa saat biarkan aplikasi melakukan tracking terhadap akun-akun yang kamu ikuti tapi tidak mengikuti balik.
  • Selanjutnya halaman akan menampilkan jumlah orang yang tidak followback kamu seperti pada contoh gambar di bawah ini. Selanjutnya tinggal kamu unfollow saja mereka satu demi satu.
Cara Mengetahui akun IG yang unfollow dengan Aplikasi Followers + Unfollowers

3. Cek Pakai Aplikasi "Unfollowers for Instagram"


Aplikasi berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk melihat siapa pengguna Instagram yang tidak mengikuti balik dan juga yang diam-diam membatalkan jadi pengikut kamu yaitu Aplikasi Unfollowers for Instagram.

Tidak jauh berbeda dengan Followers + Unfollowers, Aplikasi Unfollowers for Instagram juga sangat mudah digunakan. Pertama silahkan unduh aplikasinya di Google Play atau AppStore, lalu pasang di handphone kamu. Jika sudah, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Masukan username atau email akun IG kamu, kemudian password akun IG mu
  • Klik Masuk dan tunggu proses analisa akun selesai
  • Klik pada bagian Non Pengikut dan akan muncul siapa saja yang tidak followback akunmu
  • Setelah kamu tinggal unfollow mereka satu persatu

4. Cek Lewat Aplikasi "Unfollowers for Instagram Lost"


Cara berikutnya untuk melihat akun mana saja yang belum atau tidak followback kamu adalah dengan bantuan aplikasi Unfollowers for Instagram Lost.

Cek orang tidak followback di Instagram dengan Unfollowers for Instagram Lost

Sama seperti pada aplikasi-aplikasi sebelumnya, untuk menggunakan aplikasi Unfollowers for Instagram Lost ini silahkan unduh dan instal dulu aplikasinya, lalu ikuti langkah-angkah berikut:

  • Pertama, masukan username atau email akun Instagram kamu berikut kata sandi akun Instagrammu
  • Kemudian klik Login dan tunggu proses scan selesai
  • Nantinya, kamu bisa langsung melihat akun mana saja yang tidak follow ke akun IG kamu
  • Jika banyak yang tidak followback kamu, kamu bisa langsung unfollow 10 akun dalam sekali klik.

5. Cek Secara Online Dengan Aplikasi Unfollowers for Instagram


Aplikasi yang satu ini mungkin punya nama yang mirip dengan aplikasi yang kedua di atas, tapi Unfollowers for Instagram yang ini dibuat dan dikembangkan oleh SidewinderX. Silahkan kamu download dan pasang dulu aplikasinya lalu ikuti cara di bawah ini.

  • Klik Get Started kemudian masukan username dan password akun IG
  • Klik tombol Masuk kemudian klik Lain Kali dan Authorize
  • Kemudian aplikasi akan melakukan scaning, tunggu saja sampai proses pelacakan ini selesai
  • Terus klik halaman Not Following You dan lihat siapa saja akun yang tidak followback ke akun Instagram kamu
  • Selanjutnya terserah kamu mau diapain mereka yang tidak folbek. Apakah mau balas di-unfollow, atau dibiarkan saja.

Itulah lima cara mengecek siapa saja orang yang kamu follow tapi tidak followback, ataupun pernah mengikuti tapi diam-diam unfollowback akun Instagram kamu. Silahkan kamu gunakan salah satu cara di atas untuk menghilangkan rasa penasaranmu pada akun-akun yang tidak mau balas mengikuti akun Instagram kamu.

Sebenarnya masih cukup banyak aplikasi smartphone pelacak unfollowers lainnya selain empat aplikasi di atas, dengan cara kerja yang tidak jauh berbeda dan juga sama mudahnya. Kamu bisa cari sendiri di Google Play atau AppStore. Dan tidak perlu khawatir, karena mayoritas ukuran aplikasi tracker followers IG kecil-kecil, sehingga tidak terlalu menguras memori handphone kamu.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengetahui Akun Instagram yang Unfollow Atau Tidak Follow Back (Folback) Kamu"

Berlangganan via Email