Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Begini Cara Mudah Menyimpan Foto atau Video Dari Instagram

Cara Mudah Menyimpan Foto atau Video Dari Instagram

Buat kamu yang ingin tahu bagaimana caranya mendownload gambar dan video dari sosial media IG, di artikel ini aku membagikan tutorialnya secara ringkas namun mudah untuk langsung kamu praktekkan. Bagi yang suka main Instagram, pasti sesekali bakal menemukan foto dan video yang keren parah sehingga membuat kamu ingin menyimpannya! Entah itu lucu banget, pemandangan alam yang begitu mempesona, cewek atau cowok yang amat sangat good looking, aksi yang spektakuler, viral berhari-hari, dan postingan-postingan menarik lainnya.

Tentunya ada banyak alasan kenapa seseorang ingin download video ataupun gambar dari Instagram. Mungkin hanya sekedar buat dijadikan koleksi, biar bisa ditonton ulang sewaktu-waktu tanpa perlu menggunakan data internet lagi, atau barangkali ingin dibagikan ulang di jejaring sosial yang lain kayak WhatsApp Group (WAG), Facebook, Twitter, Friendster, Tik Tok, YouTube dan lain-lain.

Bagi yang baru pertama kali mau mengunduh video ataupun foto dari Instagram mungkin akan kebingungan bagaimana caranya. Sebab prosedur menyimpan foto di IG berbeda dengan di media sosial lainnya seperti Facebook atau Twitter. Hal ini karena Instagram tidak punya fitur download atau unduh langsung layaknya media sosial yang lain. Jadi kebanyakan dari kamu mungkin hanya screenshot atau mencapture saja postingan yang mau kamu simpan.

Tetapi screenshot ini tidak bisa digunakan bila kamu ingin menyimpan video dari IG. Oleh karena itu, kamu perlu aplikasi atau situs tambahan yang menyediakan fitur untuk mengunduh baik foto ataupun video langsung dari Instagram. Apa saja aplikasinya? Mari kita lihat dalam tutorial menyimpan foto dan video langsung dari Instagram.

Cara Menyimpan Foto atau Video di IG


Sebelum mulai, pastinya kamu harus punya akun Instagram dulu. boleh akun asli, akun alter maupun fake account. Dan jangan lupa, cari dulu postingan baik foto ataupun video IG yang mau disimpan. Kalau semua sudah siap, berikutnya ikuti cara-cara di bawah ini.

1. Cara Mengunduh Foto dan Video Instagram Dengan Aplikasi

Untuk cara yang pertama, kamu perlu download dulu aplikasi tambahan yang bisa digunakan buat menyimpan foto dan video IG. Sebenarnya ada cukup banyak aplikasi dengan fungsi dan cara kerja yang sama dan tersedia di Google Play Store atau App Store, sebut saja Downloader for Instagram: Photo & Video Saver, Fastsave for Instagram, Pengunduh Video Instagram, dan masih banyak lagi. Namun kali ini kita akan gunakan aplikasi bernama Video Downloader for Instagram. Walaupun di namanya hanya ada kata "Video" tapi aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengunduh foto dari Instagram.

Video Downloader for Instagram ini bisa digunakan tanpa harus memasukan username dan password akun IGmu. Jadi sudah pasti lebih aman daripada aplikasi-aplikasi lainnya. Nah kalau kamu sudah selesai downloadnya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Cari dan pilih foto atau video yang ingin kamu download di IG
  • Klik menu postingan atau simbol titik tiga di bagian pojok postingan, kemudian klik Copy Share URL atau salin tautan.
  • Berikutnya, buka aplikasi Video Downloader for Instagram yang sudah diinstall tadi
  • Paste link yang sudah dicopy di kolom pada halaman "Download"
  • Kemudian, klik Download dan tunggu sampai selesai
  • Jika proses download berhasil, akan muncul notifikasi bertuliskan "The File Has Been Downloaded"

Cara di atas ini bisa kamu gunakan baik ketika ingin download foto ataupun video. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan lebih dari satu foto dan video secara bersamaan dengan masuk ke halaman "Downloads".

Dan selain dengan cara klik titik 3 kemudian pilih salin tautan, kamu juga bisa mengunduh foto dan video dari IG dengan cara tetap klik tiga, tapi kemudian silahkan pilih "Bagikan ke..." lalu ketika layar sudah menampilkan perintah "Bagikan dengan" silahkan kamu pilih aplikasi Downloader for Instagram. Selanjutnya sama dengan langkah-langkah seperti cara yang pertama di atas.

Cara mengunduh foto dan video dari Instagram

2. Cara Menyimpan Foto atau Video di IG Tanpa Aplikasi

Untuk cara yang berikutnya, kamu tidak perlu download aplikasi tambahan. Cukup gunakan saja website-website yang punya fungsi sama dengan aplikasi tersebut. Seperti contohnya:

  • gramsave.com
  • Instadownloader.co
  • dinsta.com
  • Instaoffline.net
  • downloadgram.com

Pilih saja satu dari kelima situs yang ada di atas ini. Kemudian, ikuti langkah-langkah untuk mendownloadnya.

  • Copy link URL dari gambar atau video postingan yang ingin disimpan dengan cara klik icon titik 3 di pojok postingan dan pilih Copy Share URL atau salin tautan
  • Kemudian, masuk ke satu dari 5 situs di atas
  • Langsung paste saja link yang sudah kamu copy ke kolom yang tersedia di tengah website
  • Klik Download dan tunggu sampai proses pengunduhannya selesai

Cara download tanpa aplikasi ini terbilang lebih simple, khususnya bila memory penyimpanan smartphone kamu sudah mulai penuh. Sebab kamu bisa tetap menyimpan foto dan video IG dimana saja tanpa harus download aplikasi tambahan.


Itulah 2 cara menyimpan foto atau video di IG tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi. Sebenarnya kedua cara ini tidak jauh berbeda langkah-langkahnya. Jadi silahkan kamu pilih mana cara yang paling mudah. Namun perlu diingat bahwa gambar ataupun video dari Instagram yang bisa diunduh hanyalah yang di-posting untuk publik. Jadi jika kamu tidak bisa mengunduh foto dan video yang ada di akun Instagram orang yang kamu follow, berarti foto dan video tersebut hanya dibagikan kepada followers saja.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Mudah Menyimpan Foto atau Video Dari Instagram"

Berlangganan via Email