Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips dan Cara Memperbanyak Pengikut di Instagram Tanpa Perlu Beli Follower

Bagi netizen yang rajin main IG, pasti pernah kepikiran bagaimana tips dan caranya meningkatkan jumlah followers akun Instagram. Karena pasti bakal menjadi sebuah kebanggaan tersendiri apabila akun IG diikuti oleh ribuan bahkan jutaan user Instagram yang lain. Apalagi buat kamu para influencer atau mungkin buzzer, yang ingin memperoleh penghasilan dari sosial media berbagi foto dan video ini, tentu banyaknya jumlah pengikut bisa membuat tawaran job makin lancar.

Sebagai seorang buzzer maupun influencer, kamu perlu mengetahui apa saja trik meningkatkan followers Instagram dengan efektif dan secara natural. Walaupun sekarang ini pengikut yang jumlahnya banyak saja tidak cukup untuk membuat akun Instagrammu dilirik sponsor atau pihak-pihak yang ingin menawarkan endorsement. Kualitas dan keaktifan pengikut juga sangat berpengaruh.

Cara Memperbanyak Pengikut di Instagram

Bicara soal followers Instagram, bukan cuma influencer yang ingin punya banyak pengikut yang aktif. Akun personal juga sebenarnya pasti pengen. Apalagi buat para pemilik akun untuk brand baik itu bisnis online maupun toko, tempat makan, ataupun cafe, pastinya lebih perlu memiliki followers yang banyak sekaligus berkualitas, untuk mendukung bisnisnya agar bisa berkembang lebih cepat.

Baca Juga: Cara Menyimpan Foto atau Video IG Story Paling Gampang dan Cepat Tanpa Perlu Aplikasi

Tapi bagaimana sih cara meningkatkan followers Instagram dengan cepat dan efektif? Apa beli followers jadi salah satu caranya? Apa perlu bikin konten-konten yang kontroversial biar viral?

Cara Meningkatkan Followers Instagram Dengan Cepat


Beli followers sudah pasti bukan cara yang baik untuk menambah jumlah pengikut di Instagram. Sebab nantinya akun followers kamu akan penuh oleh bot dan akun-akun tak jelas yang justru membuat para pengendorse ragu untuk kasih penawaran. Untuk akun bisnis, banyaknya pengikut fiktif tentunya tidak akan membeli produk bisnismu. Jadi, sebaiknya kamu ikuti cara meningkatkan followers secara natural saja daripada rugi buang-buang duit buat membeli followers.

1. Buat Postingan Yang Sedang Tren dan Gunakan Hashtag


Cara agar akun Instagram banyak followers yang pertama adalah rajin posting foto ataupun video dengan mengikuti topik-topik terbaru yang sedang populer, dilengkapi dengan hestek-hestek yang sesuai topik tersebut.

Hingga saat ini masih banyak pengguna Instagram yang anggap remeh pengaruh hashtag atau tanda "#" untuk exposure. Bila kamu sudah mengganti akun Insatgram kamu jadi akun bisnis, pastinya akan terlihat postingan-postingan yang menggunakan hashtag bisa menjangkau lebih banyak orang di luar pengikut kamu. Apalagi kalau hashtag yang digunakan sedang viral atau trending.

Jadi mulai dari sekarang, usahakan buat postingan yang relevan dan mengikuti tren. Tapi, jangan hanya menggunakan hashtag tren tapi postingan yang tidak berhubungan. Hal ini justru membuat akun Instagrammu terlihat hanya numpang tenar semata. Selain itu, sebaiknya kamu juga menghindari membuat postingan dan tanda pagar yang berbau politik dan SARA yang justru bisa mengundang perdebatan, yang membuat orang-orang yang tidak sepaham denganmu tidak sudi memfollow kamu, dan bahkan yang sudah menjadi pengikut akhirnya berhenti mengikuti kamu.

2. Konsisten Dengan Satu Niche


Buat kamu yang tidak ingin membuat postingan dengan mengikuti topik-topik yang sedang trending, kamu tetap bisa memperbanyak jumlah pengikut Instagram dengan rajin update foto dan video khusus satu topik yang sesuai dengan minat dan hobi kamu. Misalnya hanya khusus membuat konten traveling, otomotif, game, komedi, fotografi dan lain-lain.

Sama seperti tips yang pertama, di cara kedua ini kamu juga perlu memasukkan tagar yang relevan dengan niche postingan kamu. Tanda pagar bisa dimasukkan di keterangan foto, dan bisa juga ditulis di kolom komentar. Dan agar lebih efektif, maksimalkan penggunaan hastag hingga 30 tanda pagar dalam setiap kali postingan. Nqmun tentunya tagar-tagar tersebut harus sesuai topik dengan foto maupun video yang kamu publikasikan. Misalnya kamu membuat postingan tentang touring sepeda motor, maka kamu bisa menambahkan tanda pagar:

#touring #touringsantai #solotouring #ayotouring #gilatouring #gila_touring #touringadventure #hobitouring #touring_adventure #gilaaspal #soloride #soloriding #solorider #touringmotor #indonesiatouring #cameratouring #camera_touring #lensatouring #tukangtouring #bikerstouring #touringmulu #momentouring #cintatouring #salamsatuaspal #touringsantai #roadtrip #touringbike #touringindonesia #bikerindonesia #riderindonesia

Kemudian jangan lupa setiap upload foto maupun video, kamu tag atau tandai akun-akun komunitas yang sesuai niche akun Instagram kamu. Jika konten kamu bagus, biasanya akan dipost ulang oleh akun-akun komunitas tersebut dengan men-tag ataupun me-mention kamu sebagai kreator atau pemilik konten. Ini tentu seperti sebuah promosi gratis untuk profil akun IG kamu. Apalagi jika akun komunitas yang mereupload postingan kamu tersebut memiliki pengikut yang sangat banyak, pasti ada beberapa di antaranya yang akhirnya akan klik tombol mengikuti di profil kamu.


3. Gunakan Caption Yang Menarik


Tips dan cara supaya akun Instagram kamu banyak yang mengikuti yang berikutnya yaitu dengan selalu membuat keterangan (caption) foto dan video yang menarik. Menarik di sini boleh berupa susunan kata-kata yang lucu, informatif, maupun inspiratif.

Terutama bagi seorang influencer, semua cerita dan kata-katamu sangat ditunggu oleh para followers. Umumnya, awal dari datangnya followers baru adalah dari percakapan yang dilakukan di kolom komentar soal caption yang kamu buat.

Misalnya ketika kamu buat caption mengenai pendapat ke seseorang atau ke hal tertentu, kemudian ada orang lain yang bukan followers setuju dengan pendapatmu dan berkomentar mengenai captionmu. Dari sana bibit-bibit followers yang aktif dan berkualitas sudah mulai terlihat. Jadi usahakan, sisipkan pertanyaan mengenai bagaimana pendapat orang yang melihat postinganmu, seperti contohnya "Menurut pendapat kalian bagaimana tentang kampanye new normal ini?" atau "Kasih tau dong apa perasaan kalian selama di rumah aja!''.

4. Balas Komentar dan Berinteraksi Dengan Followers


Bisa soal meminta pendapat dan komentar, kamu juga harus menjaga kualitas dan keaktifan semua followersmu. Hal ini tidak kalah penting dengan mengetahui cara meningkatkan followers Instagram. Sebab seperti yang dikatakan tadi, sponsor atau endorsment akan lebih mudah datang ke akun-akun yang followersnya berkualitas.

Nah, cara menjaga loyalitas dan keaktifan ini salah satunya adalah dengan membalas komentar dan rutin berinteraksi dengan followers. Misalnya ketika ada akun followers yang men-tag akun kamu, kamu bisa mengapresiasi setidaknya dengan beri love.

5. Pasang Watermark


Memasang watermark atau tanda air di setiap foto maupun video kamu bisa menjadi salah satu usaha untuk menambah pengikut di Instagram. Pasalnya saat ini masih ada saja akun-akun besar yang seenaknya memposting ulang karya orang lain tanpa mencantumkan sumber atau menandai kreatornya.

Dengan membuat watermark berupa username di video maupun foto terbaik kamu, jika direupload oleh akun-akun lain tanpa me-mentions kamu, followers mereka yang penasaran pasti akan mencari akun kamu untuk kemudian menjadi pengikut kamu.

5. Saling Follow


Cara mudah biar followers akun Instagram kamu banyak bisa juga dengan metode saling follow dengan akun-akun IG yang lain. Kamu bisa mencari hastag #fff atau #f4f (Follow For Follow) di kolom pencarian untuk menemukan akun-akun yang bersedia mengikuti balik jika kamu ikuti duluan. Atau bisa juga bergabung dengan grup-grup Facebook maupun WAG (WhatsApp Grup) yang berisi program saling follow akun Instagram.

Tapi cara kelima ini tentu kurang efektif jika kamu ingin memiliki lebih banyak followers ketimbang following. Metode saling follow ini akan membuat jumlah pengikut dan jumlah orang yang kamu ikuti tetap berimbang. Belum lagi kalau ada akun-akun licik yang diam-diam unfollow kamu yang padahal sebelumnya sudah saling follow back. Hal ini tentunya akan membuat total followers kamu justru makin berkurang.

6. Tautkan Dengan Media Sosial yang Lain


Mencantumkan akun Instagram kamu di jejaring sosial yang lain juga bisa menjadi jalan untuk menambah jumlah followers IG kamu makin banyak. Jika kamu memiliki akun YouTube, Tik Tok, Facebook, Wattpad, Twitter, atau bahkan memiliki Blog, media-media tersebut bisa kamu jadikan sarana mempromosikan akun Instagram kamu.

Apalagi FB, YouTube dan TikTok memiliki fitur yang memungkinkan kamu langsung memasukkan URL akun Instagram, blog juga bisa dipasangi widget sosial media termasuk Instagram, yang kalau diklik akan langsung mengarah ke profil IG kamu. Jika konten-konten IG kamu menarik dan rapi, kemungkinan besar orang-orang yang melihat profil kamu tersebut akan tertarik untuk menjadi pengikut setia kamu.

7. Membuat Iklan Instagram


Cara paling efektif dan ampuh agar akun IG kamu ramai yang follow adalah dengan beriklan langsung ke pihak Instagram. Dari pada beli followers yang akunnya bot semua, tentu jauh lebih baik kalau kamu buat iklan Instagram yang sudah jelas resmi bila ingin meningkatkan followers Instagram dengan cepat. Sebenarnya bukan followers yang bertambah, tapi postingan kamu nantinya menjangkau lebih banyak akun, bahkan akun-akun yang belum menjadi followers.

Sehingga cara ini sangat efektif dalam menggaet followers baru, apalagi bila kamu sedang buat giveaway atau promosi.

Baca Juga: Cara Mudah Mengetahui Akun Instagram yang Unfollow Atau Tidak Follow Back (Folback) Kamu

Seperti itulah beberapa tips dan cara meningkatkan jumlah followers Instagram dengan cepat dan natural tanpa membeli followers, dan juga tanpa menggunakan aplikasi-aplikasi penambah followers IG secara otomatis. Silahkan dicoba, semoga berhasil!

1 komentar untuk "Tips dan Cara Memperbanyak Pengikut di Instagram Tanpa Perlu Beli Follower"

  1. Wah mas kiki postingannya berguna sekali, bermanfaat juga nih untuk akun dagang atau akun bisnis di Instagram!

    BalasHapus

Berlangganan via Email