Widget HTML #1

Cara Agar Pulsa Tidak Terpotong Saat Paket Data Internet Habis

Kali ini aku akan berbagi tips dan cara mengatasi pulsa HP yang tersedot berkurang ketika kuota internet sudah habis. Ini penting banget pasalnya saya sendiri cukup sering kejadian, saking keasyikan berinternet nonton video-video di YouTube atau bermain sosial media Facebook dan Instagram, tanpa sadar paket data internet saya sudah habis, sehingga memotong pulsa utama. Ini tentunya sangat menjengkelkan!

Memang selalu ada pemberitahuan via SMS ketika kuota internet sudah habis. Akan tetapi biasanya notifikasinya tidak tepat waktu. Artinya, ketika notif tersebut muncul, kuota internet saya sudah habis dari beberapa menit sebelumnya. Sehingga pulsanya sudah terlanjur berkurang banyak!

Atau terkadang saya tidak ngeh dan gak tahu dengan notifikasi tersebut. Mengingat notifnya disampaikan lewat SMS, yang mana saya sangat jarang cek SMS. Sehingga akhirnya paket internet saya habis, pulsa utamanya juga ikutan kandas!

Pernah juga ketika mengisi pulsa, terus saya lupa mematikan data internet. Jadinya pulsa yang baru saya isi langsung kesedot tanpa ampun untuk penggunaan internet. Mulai dari notifikasi-notifikasi sosmed, promo-promo marketplace online, bahkan untuk update berbagai aplikasi secara otomatis. Tau sendiri kan seberapa mahalnya tarif internet kalau tidak tidak membeli atau menggunakan paket data?

Nah, agar ketika sedang asyik internetan pulsa telepon tidak tersedot gara-gara kebablasan tanpa sadar paket data internet telah habis, atau supaya pulsa tetap aman terjaga ketika diisi ulang tapi data seluler masih hidup, silahkan mengunci pulsa utama di handphone kamu dengan mengaktifkan fitur Jaga Pulsa, yang caranya akan aku bagikan di bawah ini.


Namun sebelumnya perlu teman-teman ketahui, cara menjaga pulsa agar tidak terpotong saat paketan internet habis atau lupa mematikan data seluler ini hanya bagi kamu pengguna kartu SIM dari provider Telkomsel Prabayar (Kartu AS, simPATI dan LOOP). Saya kurang tahu untuk operator seluler yang lain, apakah ada program Jaga Pulsa seperti ini atau tidak.

Fitur Jaga Pulsa dari My Telkomsel

Dan berikut cara mengaktifkan fitur Jaga Pulsa di handphone agar pulsa aman, tidak berkurang meskipun data selulernya masih menyala dan paket internet sudah berakhir.

1. Instal Aplikasi My Telkomsel

Pertama sekali silahkan unduh aplikasi MyTelkomsel dan pasang di smartphone kalian. Bagi pengguna Android, aplikasinya bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Sementara buat kalian yang memakai iPhone, bisa download di App Store. Juga gratis.

Setelah aplikasi MyTelkomsel terpasang di Smartphone, buka aplikasinya dan daftarkan nomor Telkomsel yang kamu gunakan.

Langkah pertama ini hanya buat kamu yang belum pernah menginstal dan mendaftarkan nomor hp di aplikasi MyTelkomsel. Jika sebelumnya sudah memasang, step pertama ini silahkan dilewati dan bisa langsung meluncur ke langkah kedua. Atau jika sudah memiliki aplikasinya namun sudah lama tidak diperbarui, mohon di-update terlebih dahulu. Karena fitur Jaga Pulsa ini hanya muncul di aplikasi My Telkomsel versi terbaru.

2. Buka Aplikasi MyTelkomsel

Setelah aplikasi MyTelkomsel terpasang dan sudah menginput nomor telepon, silakan kamu buka aplikasinya. Di halaman utama aplikasi My Telkomsel, klik MENU yang berada di sudut kanan bawah.

Cara jaga pulsa Telkomsel agar tidak tersedot ketika paket data internet habis

3. Pilih Menu Jaga Pulsa

Akan muncul berbagai pilihan menu dan fitur menarik dari aplikasi MyTelkomsel. Karena tujuan kita untuk mengaktifkan fitur canggih yang bisa mengunci pulsa telepon agar tidak tersedot untuk pemakaian internet, jadi langsung saja pilih menu Jaga Pulsa.

cara mengatasi pulsa yang terpotong sendiri akibat data internet tidak ada

4. Aktifkan Fitur Jaga Pulsa

Selanjutnya layar akan menampilkan menu Jaga Pulsa yang masih nonaktif alias belum diaktifkan. Ditandai dengan tulisan Belum Aktif berwarna oranye, serta kursor bulat dengan background berwarna abu-abu. Itu artinya nomor Telkomsel kamu belum diaktivasi dalam program Jaga Pulsa.

cara agar pulsa tidak tersedot saat kuota internet habis

Cara aktivasi atau mengaktifkan fitur Jaga Pulsa nomer HP sangat mudah! Geser kursor bulat tadi ke kanan. Nanti secara otomatis latar belakang kursor yang tadinya kelabu akan berubah warna menjadi biru. Tulisan Belum Aktif berwarna oren, akan berubah Aktif dan hurufnya berubah warna menjadi hijau. Dengan demikian, fitur Jaga Pulsa nomor handphone kamu sudah aktif!

cara aktivasi nomor telepon telkomsel di fitur Jaga Pulsa

Mulai sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi pulsa kamu akan berkurang saat data internet habis. Kamu bisa tenang berselancar di dunia maya. Mengakses website, nonton video YouTube, scroll Twitter, main Tiktok, buka Facebook, stalking Instagram mantan, baca cerita di Wattpad, dan segala aktivitas internet lainnya, tanpa perlu takut nantinya akan memakan pulsa utama hp kamu di saat paket internetnya habis.

Kamu juga bisa terhindar dari rasa jengkel seandainya ketika kamu mengisi ulang pulsa lupa belum mematikan data internet. Atau buat kamu yang sering menggunakan handphone untuk hotspot WiFi, lalu untuk berinternet kamu menggunakan perangkat lain misalnya laptop, kamu juga tidak perlu khawatir pulsa utama di hp kamu tersebut akan tersedot akibat lupa dicek secara berkala.

Karena dengan menghidupkan fitur Jaga Pulsa, pulsa telepon kamu akan aman, terkunci tidak akan tersedot untuk penggunaan internet. Ketika fitur Jaga Pulsa aktif, secara otomatis koneksi internet akan terputus apabila data internet habis atau berakhir masa berlakunya. Tidak akan menyedot pulsa utama, meskipun data internet di hp dalam kondisi hidup.


Itulah tata cara langkah demi langkah menjaga pulsa hape yang suka berkurang sendiri akibat lupa menonaktifkan data seluler di handphone. Atau pulsa terpotong gegara tidak tahu kuota data internet habis dan ketika masa berlaku paketannya sudah berakhir. Semoga bermanfaat bagi teman-teman terutama buat kalian pelanggan Telkomsel. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Agar Pulsa Tidak Terpotong Saat Paket Data Internet Habis"