Cara Mengganti Alamat Email di Akun BPJS Ketenagakerjaan dan Aplikasi BPJSTKU

Penting untuk tahu bagaimana cara mengubah nama email akun BPJSTK yang digunakan untuk log-in di aplikasi BPJSTKu maupun untuk masuk ke layanan personal services di website BPJS Ketenagakerjaan. Pasalnya baik di aplikasi BPJSTKU maupun di layanan BPJSTKu personal service, tidak ada menu ganti kata email kayak di fesbuk atau ig. Adanya cuma fitur ganti kata sandi. Kondisi ini membuat beberapa peserta BPJS TK pusing tujuh trenggiling pas pengen merubah id email tapi tidak tau apa yang kudu dilakukan.

Ada beberapa alasan kenapa peserta Jamsostek ingin mengganti alamat email di akun BPJSTK-nya. Pertama akibat lupa password email yang digunakan untuk pendaftaran akun tersebut, sekaligus lupa kata sandi akun BPJS TK-nya juga. Sebab untuk memperbaiki kata sandi akun BPJS Ketenagakerjaan yang lupa tersebut, kamu butuh akses email untuk melihat kode verifikasi pemulihan kata sandi. Nah kalau kamu sudah tidak bisa lagi mengakses email kamu karena lupa password-nya, bagaimana kamu bisa tau kode verifikasinya? Makanya kamu jadi pengen ganti email.

Alasan kedua adalah karena memang benar-benar tidak ingat lagi dengan emailnya. Kalau sudah seperti ini sih kasusnya udah bisa dikategorikan sebagai kelalaian yang fatal. Karena kalau sampai lupa email yang dipakai untuk registrasi akun, ataupun kalau masih ingat emailnya tapi lupa password-nya seperti alasan yang pertama tadi, itu sama saja sudah kehilangan akun. Dan jeleknya, kalau kamu sudah kadung pernah daftar akun BPJS Ketenagakerjaan, kamu jadi nggak bisa bikin akun lagi pakai email yang berbeda. Karena data-data kepesertaan dan kependudukan kamu sudah terdaftar di email sebelumnya.

Cara Mengganti Alamat Email di Akun BPJS Ketenagakerjaan dan Aplikasi BPJSTKU

Baca Juga: Cara Daftar Antrian Online Supaya Pencairan Uang JHT Lebih Cepat dan Praktis

Alasan ketiga kenapa ingin mengganti email ya karena pengen aja. Padahal mungkin si peserta masih bisa mengakses emailnya, tapi memang pengen ganti aja. Mungkin sudah bosan, pengen suasana baru atau apalah pokoknya kepingin ganti aja titik!

Lalu sebenarnya bisa nggak sih alamat email akun BPJS Ketenagakerjaan itu diganti dengan email lain? Jawabannya adalah bisa! Tetapi sayangnya untuk saat ini, satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk merubah alamat email akun BPJSTK hanyalah dengan menghubungi pihak BPJS Ketenagakerjaan dan membuat laporan bahwa kamu ingin ganti e-mail. Nanti pihak BPJS Ketenagakerjaan akan mereset atau hapus akun lama kamu terlebih dahulu, baru setelah akun kamu berhasil direset kamu bisa membuat akun lagi dengan memakai nama email yang lain. Seperti itu prosedurnya.

Selain itu belum ada solusi lain. Entah nanti kalau aplikasi BPJSTKu atau layanan BPJSTKU personal services ini kembali diperbarui, barangkali akan disediakan menu ubah e-mail secara mandiri tanpa perlu berhubungan langsung dengan BPJS TK.

Dan perihal menghubungi BPJS Ketenagakerjaan untuk penggantian alamat email ini ada beberapa cara yang bisa kamu pilih.

1. Call Center BPJS Ketenagakerjaan

Cara pertama adalah dengan menelepon langsung call center BPJS Ketenagakerjaan pusat di nomor 175 atau 15000910. Sampaikan maksud kamu bahwa kamu hendak mengganti email akun BPJS Ketenagakerjaan. Nanti cs akan menanyakan beberapa informasi data berupa:
  1. Nomor referensi atau nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Nama lengkap kamu.
  3. Tempat, tanggal, bulan, tahun kelahiran kamu.
  4. Nama ibu kandung kamu.
  5. Nomor E-KTP atau NIK.
Setelah itu kamu tinggal menunggu akun BPJS Ketenagakerjaan kamu direset. Estimasi waktu yang diperlukan untuk proses reset akun ini sekitar 5 hari kerja setelah dibuatkan laporan.

2. Official Fanpage Facebook BPJS Ketenagakerjaan

Cara kedua kamu bisa dengan menghubungi lewat halaman Facebook resmi BPJS Ketenagakerjaan. Sampaikan keluhan kamu bahwa kamu ingin ganti email akun BPJSTK tapi tidak tahu caranya. Mirip seperti cara pertama tadi, nanti admin FB BPJSTK juga akan meminta beberapa informasi data kepesertaan dan kependudukan. Oleh karena itu, interaksi dengan admin FB BPJSTK sebaiknya kamu lakukan di pesan atau inbox. Jangan di kolom komentar atau di wall, takutnya data-data kamu diketahui orang lain terus disalahkangunakan.
  1. Data-data yang perlu kamu berikan lewat chat nantinya antara lain:
  2. No KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) atau nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan.
  3. Nama lengkap sesuai KTP.
  4. Tempat, tanggal, bulan, serta tahun lahir.
  5. Nama ibu kandung.
  6. NIK (Nomor Induk Kependudukan).
Dan lamanya proses reset akun juga sama dengan kalau kamu melapor via call center, yaitu dengan estimasi lima hari kerja setelah dibuatkan laporan. Tidak termasuk hari libur, serta hari sabtu dan minggu. Tapi tentunya melapor via fesbuk ini lebih mudah dan murah, dibanding lewat telepon yang cukup menguras pulsa.

Baca Juga: Cara Membuat dan Mencetak Sendiri Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan Ternyata Gampang Banget!

3. Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan

Cara ketiga yaitu dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, nanti pas ditanya security bilang aja mau ganti alamat email akun BPJS TK. Atau langsung temui bagian informasi dan sampaikan maksud kedatangan kamu. Jangan lupa bawa kartu BPJS Ketenagakerjaan, KTP Elektronik dan KK, karena nantinya data-data di berkas tersebut akan digunakan untuk pelacakan akun kamu yang mau direset. Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk peresetan akun juga sama 5 hari kerja.

Nanti ketika akun kamu telah berhasil direset, silahkan daftar ulang akun BPJS Ketenagakerjaan seperti biasanya. Petunjuk teknis tentang tata cara membuat akun BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU versi tahun 2019 kebetulan sudah ditulis lengkap di blog ini di artikel sebelumnya. Silahkan dibaca jika mau.

Selain sebagai sarana untuk mengganti nama e-mail, layanan reset akun ini juga untuk mengatasi masalah seandainya kamu mau log-in ke aplikasi BPJSTKu tapi malah muncul notifikasi 'Anda memiliki alamat email atau nomor handphone lebih dari satu. Silahkan pilih satu alamat email atau nomor handphone yang aktif. Terima kasih.' Jika kamu tidak bisa masuk ke akun BPJSTKU Apk dan justru mendapat pemberitahuan seperti itu, solusinya kamu juga harus menghubungi BPJS TK untuk reset akun.
Persoalan lainnya yang bisa diselesaikan dengan reset akun adalah misalnya kamu mantan peserta BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek), yang mana dana JHT milik kamu sudah dicairkan. Lalu sekarang statusnya sudah kembali bekerja dan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang baru. Namun ketika mau daftar akun BPJSTK kok nggak bisa, terus muncul peringatan 'NIK anda sudah terdaftar'. Itu berarti data-data kependudukan kamu masih tersimpan di akun kamu yang lama yang saldonya sudah diklaim tadi. Cara mengatasi juga sama, kamu harus kontak BPJS TK untuk request peresetan akun lama.

Demikianlah cara mengubah alamat email pada akun BPJS Ketenagakerjaan maupun nama email untuk login ke aplikasi BPJSTKu. Semoga bisa menjadi jawaban bagi teman-teman yang tengah membutuhkan informasi tersebut.

Penggemar Manchester United kalau pas lagi sering menang.

Jangan Lewatkan

0 komentar:

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.