Widget HTML #1

Cara Mengganti Alamat Email di Akun BPJS Ketenagakerjaan dan Aplikasi BPJSTKU

Penting untuk tahu bagaimana cara mengubah nama email akun BPJSTK yang digunakan untuk log-in di aplikasi BPJSTKu maupun untuk masuk ke layanan personal services di website BPJS Ketenagakerjaan. Pasalnya baik di aplikasi BPJSTKU maupun di layanan BPJSTKu personal service, tidak ada menu ganti kata email kayak di fesbuk atau ig. Adanya cuma fitur ganti kata sandi. Kondisi ini membuat beberapa peserta BPJS TK pusing tujuh trenggiling pas pengen merubah id email tapi tidak tau apa yang kudu dilakukan.

Ada beberapa alasan kenapa peserta Jamsostek ingin mengganti alamat email di akun BPJSTK-nya. Pertama akibat lupa password email yang digunakan untuk pendaftaran akun tersebut, sekaligus lupa kata sandi akun BPJS TK-nya juga. Sebab untuk memperbaiki kata sandi akun BPJS Ketenagakerjaan yang lupa tersebut, kamu butuh akses email untuk melihat kode verifikasi pemulihan kata sandi. Nah kalau kamu sudah tidak bisa lagi mengakses email kamu karena lupa password-nya, bagaimana kamu bisa tau kode verifikasinya? Makanya kamu jadi pengen ganti email.

Cara Mengganti Alamat Email di Akun BPJS Ketenagakerjaan dan Aplikasi BPJSTKU



Alasan kedua adalah karena memang benar-benar tidak ingat lagi dengan emailnya. Kalau sudah seperti ini sih kasusnya udah bisa dikategorikan sebagai kelalaian yang fatal. Karena kalau sampai lupa email yang dipakai untuk registrasi akun, ataupun kalau masih ingat emailnya tapi lupa password-nya seperti alasan yang pertama tadi, itu sama saja sudah kehilangan akun. Dan jeleknya, kalau kamu sudah kadung pernah daftar akun BPJS Ketenagakerjaan, kamu jadi nggak bisa bikin akun lagi pakai email yang berbeda. Karena data-data kepesertaan dan kependudukan kamu sudah terdaftar di email sebelumnya.

Alasan ketiga kenapa ingin mengganti email ya karena pengen aja. Padahal mungkin si peserta masih bisa mengakses emailnya, tapi memang pengen ganti aja. Mungkin sudah bosan, pengen suasana baru atau apalah pokoknya kepingin ganti aja titik!

Lalu sebenarnya bisa nggak sih alamat email akun BPJS Ketenagakerjaan itu diganti dengan email lain? Jawabannya adalah bisa! Tetapi sayangnya untuk saat ini, satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk merubah alamat email akun BPJSTK hanyalah dengan menghubungi pihak BPJS Ketenagakerjaan dan membuat laporan bahwa kamu ingin ganti e-mail. Nanti pihak BPJS Ketenagakerjaan akan mereset atau hapus akun lama kamu terlebih dahulu, baru setelah akun kamu berhasil direset kamu bisa membuat akun lagi dengan memakai nama email yang lain. Seperti itu prosedurnya.

Selain itu belum ada solusi lain. Entah nanti kalau aplikasi BPJSTKu atau layanan BPJSTKU personal services ini kembali diperbarui, barangkali akan disediakan menu ubah e-mail secara mandiri tanpa perlu berhubungan langsung dengan BPJS TK.

Dan perihal menghubungi BPJS Ketenagakerjaan untuk penggantian alamat email ini ada beberapa cara yang bisa kamu pilih.

1. Call Center BPJS Ketenagakerjaan

Cara pertama adalah dengan menelepon langsung call center BPJS Ketenagakerjaan pusat di nomor 175 atau 15000910. Sampaikan maksud kamu bahwa kamu hendak mengganti email akun BPJS Ketenagakerjaan. Nanti cs akan menanyakan beberapa informasi data berupa:
  1. Nomor referensi atau nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Nama lengkap kamu.
  3. Tempat, tanggal, bulan, tahun kelahiran kamu.
  4. Nama ibu kandung kamu.
  5. Nomor E-KTP atau NIK.
Setelah itu kamu tinggal menunggu akun BPJS Ketenagakerjaan kamu direset. Estimasi waktu yang diperlukan untuk proses reset akun ini sekitar 5 hari kerja setelah dibuatkan laporan.

2. Official Fanpage Facebook BPJS Ketenagakerjaan

Cara kedua kamu bisa dengan menghubungi lewat halaman Facebook resmi BPJS Ketenagakerjaan. Sampaikan keluhan kamu bahwa kamu ingin ganti email akun BPJSTK tapi tidak tahu caranya. Mirip seperti cara pertama tadi, nanti admin FB BPJSTK juga akan meminta beberapa informasi data kepesertaan dan kependudukan. Oleh karena itu, interaksi dengan admin FB BPJSTK sebaiknya kamu lakukan di pesan atau inbox. Jangan di kolom komentar atau di wall, takutnya data-data kamu diketahui orang lain terus disalahkangunakan.
  1. Data-data yang perlu kamu berikan lewat chat nantinya antara lain:
  2. No KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) atau nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan.
  3. Nama lengkap sesuai KTP.
  4. Tempat, tanggal, bulan, serta tahun lahir.
  5. Nama ibu kandung.
  6. NIK (Nomor Induk Kependudukan).
Dan lamanya proses reset akun juga sama dengan kalau kamu melapor via call center, yaitu dengan estimasi lima hari kerja setelah dibuatkan laporan. Tidak termasuk hari libur, serta hari sabtu dan minggu. Tapi tentunya melapor via fesbuk ini lebih mudah dan murah, dibanding lewat telepon yang cukup menguras pulsa.

 3. Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan

Cara ketiga yaitu dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, nanti pas ditanya security bilang aja mau ganti alamat email akun BPJS TK. Atau langsung temui bagian informasi dan sampaikan maksud kedatangan kamu. Jangan lupa bawa kartu BPJS Ketenagakerjaan, KTP Elektronik dan KK, karena nantinya data-data di berkas tersebut akan digunakan untuk pelacakan akun kamu yang mau direset. Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk peresetan akun juga sama 5 hari kerja.

Nanti ketika akun kamu telah berhasil direset, silahkan daftar ulang akun BPJS Ketenagakerjaan seperti biasanya. Petunjuk teknis tentang tata cara membuat akun BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU versi tahun 2019 kebetulan sudah ditulis lengkap di blog ini di artikel sebelumnya. Silahkan dibaca jika mau.

Selain sebagai sarana untuk mengganti nama e-mail, layanan reset akun ini juga untuk mengatasi masalah seandainya kamu mau log-in ke aplikasi BPJSTKu tapi malah muncul notifikasi 'Anda memiliki alamat email atau nomor handphone lebih dari satu. Silahkan pilih satu alamat email atau nomor handphone yang aktif. Terima kasih.' Jika kamu tidak bisa masuk ke akun BPJSTKU Apk dan justru mendapat pemberitahuan seperti itu, solusinya kamu juga harus menghubungi BPJS TK untuk reset akun.

Baca Juga: Tata Cara Daftar Akun JMO (Jamsostek Mobile) BPJS Ketenagakerjaan di Aplikasi HP, Lengkap Langkah Demi Langkah


Persoalan lainnya yang bisa diselesaikan dengan reset akun adalah misalnya kamu mantan peserta BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek), yang mana dana JHT milik kamu sudah dicairkan. Lalu sekarang statusnya sudah kembali bekerja dan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang baru. Namun ketika mau daftar akun BPJSTK kok nggak bisa, terus muncul peringatan 'NIK anda sudah terdaftar'. Itu berarti data-data kependudukan kamu masih tersimpan di akun kamu yang lama yang saldonya sudah diklaim tadi. Cara mengatasi juga sama, kamu harus kontak BPJS TK untuk request peresetan akun lama.

Demikianlah cara mengubah alamat email pada akun BPJS Ketenagakerjaan maupun nama email untuk login ke aplikasi BPJSTKu. Semoga bisa menjadi jawaban bagi teman-teman yang tengah membutuhkan informasi tersebut.

42 komentar untuk "Cara Mengganti Alamat Email di Akun BPJS Ketenagakerjaan dan Aplikasi BPJSTKU"

Comment Author Avatar
bisakah menghapus amail dengan cara meminta bantuan pimpinan kantor
Comment Author Avatar
Bisa atau tidaknya silahkan tanyakan ke pimpinan kantor. Apakah blio bersedia. Lebih baik diurus sendiri, lagipula tidak terlalu sulit. Hanya butuh sedikit kesabaran.
Comment Author Avatar
Gimana caranya ganti email baru sedangkan email yg lama sudah gak aktif
Comment Author Avatar
Bagaimana cara masuk aplikasi bpjsku saya lupa emailnya sama sandinua..
Comment Author Avatar
Ketika login email tidak terdaftar tapi ketika mau bikin akun baru pkai email yg sama ada ketrangn email sudah terdaftar
Terus gmna soluainya biar bisa login
Comment Author Avatar
good informasinya jelas.thanks
Comment Author Avatar
Bisakah saya melihat dan merubah akun saya
Comment Author Avatar
Gmna cara merubah email lama dengan yg baru trs ma no TLP yg baru ....tlong bantuannya
Comment Author Avatar
Lg pandemik begini bpjstk,,solusinya nga berguna,,lwat online,sms,fb,,nga pernah di respon,,karyawannya pd enak di rumahkan,,pd nga mikir,,dah tw banyak komplain,,bukanya banti cari solusi malah mempersulit,,ini uang qmi,,dan kalian juga di gajih
Comment Author Avatar
Bemar banget gan..susahnya saya mencairkan jamsostek..padahal ungnya milik kita...contohnya hampir setiap hari saya daftar kuota selalu penuh..giliran sudah daftar ech no antrian blm dikirim2...
Comment Author Avatar
Untuk ganti email dan sandi BPJSTK gima ya...
Comment Author Avatar
Halo admint..
Gimana kalau sudah daftar tapi no antrian belum di kirim²...daftar ulang jawabanya anda sudah terdaftar.
Comment Author Avatar
Minta tolong bantuannya! Saya sudah daftar tp belum mendapatkan nomor antrian terus mau daftar lagi selalu keluar tulisan maaf anda sudah mendaftar seblumnya,tp saya belum menfapatkan nomor antrian
Comment Author Avatar
Ketika login email tidak terdaftar tapi ketika mau bikin akun baru pkai email yg sama ada ketrangn email sudah terdaftar
Terus gmna soluainya biar bisa login
Comment Author Avatar
Saya sudah berulang kali hubngn call center 175 namun selalu sibuk atau ngga bisa di hubungin..bagaimana solusi nya ???
Comment Author Avatar
Jln kluar nya cm 1 datang ke kantor bpjs trdekat.krn prcuma lwt,sms atw email ga direspon.saya jg sama kendalanya bgtu tp dh dtng ke kantor bpjs langsung ada tanggapan dr pihak bpjs.
Comment Author Avatar
Ketika login email tidak terdaftar tapi ketika mau bikin akun baru pkai email yg sama ada ketrangn email sudah terdaftar
Terus gmna soluainya biar bisa login
Comment Author Avatar
Bagai mana caranya untuk mengganti alamat email kita,krn call senter di hubungi tidak di angkat,mohon solusinya
Comment Author Avatar
Bagai mana cara masuk ke bjstku...email nya ingat.tp sandi nya lupa ga twu nyangkut d hp yg lama..
Comment Author Avatar
Pak admin,knp setiap saya mau daftar di aplksi bpjstku selalu ada pemberitahuan nik anda sudah terdaftar oleh email org lain.Terus mempengaruhi saldo kami tidak,soalnya setiap bulan di potong oleh bpjs,apakah tidak mempengaruhi saldo.
Comment Author Avatar
Seperti di persulit! Di call center selalu sibuk saat di telepon, pulsa sampai habis 50 ribu lebih tanpa hasil.
Hubungi lewat sosial media FB dan ig pun ga ada respon.
Datang ke kantor BPJS nya juga scurity dengan mudah nya menjawab ga bisa urus ganti email disini, harus melalui telepon call center katanya!
Aaarrrgggghhhh
Comment Author Avatar
Cara inbok ke bpjs untuk riset gmn...
Comment Author Avatar
Datang ke kantor bpjs trdekat.krn klu lwt tlp,sms atw email ga akan da jwbn
Comment Author Avatar
Sampek pulsa habis gk bs hbngi call center...
Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment Author Avatar
Cara nya gmn mau ganti email BPJS tenaga krja soal nya gk bs masuk ke BPJS ku
Slalu muncul email anda sudah tr daftar tp gk bs liat saldo saya
Comment Author Avatar
ga ditanggep tanggepin. dosa lu dosa lu
Comment Author Avatar
Nama udah ter daftar pas log email ngak terdaftar!
Comment Author Avatar
Emang harus bayar ya kalau mau reset akun BPJSTKU,,ko csnya minta ADM 50 rbu
Comment Author Avatar
Emang harus bayar ya kalau mau reset akun BPJSTKU,,ko csnya minta ADM 50 rbu
Comment Author Avatar
Tlg di perbaharui donk aplikasi nya supaya kmi mudah untuk meriset akun, dan mencairkan, jgn bikin cara yg mempersulit pengguna bpjs, aplikasi yg laen bisa masa bpjs gk bisa, ada yg aneh klo menurut saya
Comment Author Avatar
Gimana caranya ganti email di bpjstku
Comment Author Avatar
Saya lupa email sama pasword nya,tolong mnta verfikasi email SMA password nya,,terima kasih
Comment Author Avatar
Saya lupa email sama paswordnya,tolong minta verfikasi email sama passwordnya
Trmksh sebelumnya
Comment Author Avatar
saya lupa email.sma password,lalu sya datang ke kantor bpjs terdekat untuk reset email,sma petugas di kasih formulir untuk penggantian email,di isi dengan email dan password yg baru dan di tunggu 7 hari kerja,stelah lebih dari 7 hari kerja saya coba untuk login,keterangan ny akun tidak di temukan
Comment Author Avatar
Bagaimana caranya mengganti akun email?
Comment Author Avatar
Bisa gak ya ganti nya via online
Comment Author Avatar
saya lupa gmail gimna nau ganti gmail bru
Comment Author Avatar
krn hp saya rusak, lupa gmail

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.